Kadar Asam Urat
tips

5 Tips Menjaga Kestabilan Kadar Asam Urat Normal dalam Tubuh

0 10

Pastinya kita sering mendengar ataupun mengetahui orang yang telah lanjut usia mengeluhkan bagian persendiannya terasa nyeri dan linu. Sebenarnya penyebab dari rasa sakit yang diderita oleh para orang tua tersebut dikarenakan tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Kebanyakan orang mengira ini adalah suatu penyakit, namun sebenarnya kandungan Asam urat normal pada tubuh merupakan hal yang alamiah, karena tubuh kita sendirilah yang memproduksinya. Asalkan kita dapat menjaga kestabilan kandungannya, maka tidak akan timbul rasa sakit pada persendian.

Tips Menjaga Asam Urat Normal

Asam urat merupakan zat yang terbentuk melalui penguraian zat purin yang terkandung dalam makanan dan minuman. Bagaimana menjaganya tetap stabil? berikut adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga memungkinkan kita menjaga kestabilan kadar Asam urat normal. Terjadinya ekskresi atau pengeluaran zat sisa metabolisme berupa keringat ataupun urin sangat membantu dalam menyeimbangkan kadar purin. Saat berolahraga cairan tubuh yang keluar harus kita imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Obesitas atau kelebihan berat badan adalah faktor pemicu seseorang mengalami  reumatik atau penyakit asam urat selain karena faktor usia.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang banyak

Selektif dalam memilih makanan, jangan memaksakan mengonsumsi makanan laut terutama seafood dalam jumlah banyak secara bersamaan. Karena hal tersebut memicu penumpukan zat purin dalam tubuh yang dapat menyebabkan kadar Asam urat normal menjadi terganggu. Makanan seperti jeroan, daging merah, maupun minuman alkohol dan kopi juga dapat menjadi faktor terjadinya gangguan  kestabilan kandungan zat tersebut. Kebiasaan kita dengan sering mengonsumsi makanan diatas juga menjadi sumbangsih beberapa penyakit lain yang dapat menghinggapi tubuh kita. Atur pola makan sesuai kebutuhan.

Rutin berhubungan suami-isteri

Mungkin hal ini terdengar sangat tabu di telinga kita, tentunya hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa yang telah berkeluarga. Apa kaitannya dengan menjaga kestabilan Asam urat normal? Kegiatan seksual yang terjadi pada pasangan memungkinkan terjadinya pengeluaran urine dalam jumlah yang banyak. Seringnya setelah melakukan hubungan badan kita akan lebih berhasrat untuk buang air kecil. Zat-zat purin yang berlebih akan dapat dikeluarkan melalui urine.

Konsumsi air putih yang cukup

Minumlah air putih secara teratur tiap hari minimal 8 gelas atau 2 liter untuk mengganti cairan tubuh yang banyak hilang karena aktivitas sehari-hari. Manfaat dari rajin meminum air putih sangatlah banyak. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, maka kita tidak akan bisa hidup tanpa mengonsumsi air selama maksimal 3 hari saja. Pada orang yang kekurangan cairan tubuh membuat jumlah Asam urat normal menjadi terganggu. Hal ini yang menyebabkan metabolisme berjalan tidak sempurna.

Rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin c

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin c diantaranya: Jeruk, Cherry, Apel yang juga mengandung antioksidan, serta masih banyak lagi. Pada dasarnya vitamin c sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Perbanyak asupan dari makanan yang bergizi serta baik untuk kesehatan.

Masih banyak cara yang dapat kita lakukan agar tetap sehat. Hindari rokok yang dapat memicu berbagai jenis penyakit. Bentuklah pola hidup sehat di sekitar lingkungan kita, mulai dari diri kita, keluarga dan seterusnya, kurangi stres berlebihan yang juga dapat menyebabkan kita mudah terserang penyakit.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan agar kadar Asam urat normaltetap terjaga.

About the author / 

admin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *