Penyebab Asam Urat
penyebab

8 Penyebab Asam Urat yang Sering Dijumpai

0 8

Asam Urat merupakan penyakit yang populer di masyarakat tanpa memandang apakah itu kalangan atas maupun bawah karena penyebab asam urat beraneka ragam. Bahkan akhir-akhir ini penyakit satu ini tidak hanya diderita oleh usia lanjut namun juga Anda yang berusia sekitar 30 tahun. Penyakit ini dapat terjadi akibat faktor dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Apakah faktor dan penyebab tersebut? Disini akan diuraikan satu-persatu.

Penyebab Asam Urat Bisa dari dalam atau Luar

Faktor Genetik

Faktor penyebab asam urat dari dalam yang pertama adalah faktor genetik. Secara ilmiah asam urat sendiri terjadi karena penumpukan zat-zat purin dalam jumlah tinggi. Pada umumnya terdapat enzim yang mengubah zat-zat purin menjadi protein namun jika Anda mengalami kelainan genetik maka jumlah enzim tersebut kurang dalam tubuh Anda. Dianjurkan bagi Anda yang memiliki faktor ini untuk mengurangi makanan penghasil zat purin tinggi seperti daging dan telur.

Faktor Obesitas

Obesitas juga berpengaruh sebagai penyebab asam urat dari dalam. Kelebihan berat badan membuat tenaga yang diperlukan untuk menopang tubuh menjadi naik terutama pada sendi-sendi kaki yang bekerja ekstra. Oleh sebab itu, kadar zat-zat asam urat dalam sendi menjadi berlebih. Tidak hanya asam urat saja namun obesitas juga menjadi sumber penyebab timbulnya banyak penyakit lain.

Diet yang tidak sesuai

Diet memang baik bagi Anda yang mengalami obesitas dan juga dapat menjadikan tubuh lebih bugar. Namun, jika penerapannya salah akan mengakibatkan pemecahan protein menjadi energi saat lapar malah menjadi asam urat berlebih. Untuk itu, bagi Anda penderita asam urat agar berkonsultasi dengan ahli sebelum menjalani diet.

Penyakit pada ginjal

Di organ inilah pembentukan berbagai zat tubuh termasuk asam urat yang juga berhubungan dengan ginjal. Jika fungsi ginjal terganggu oleh penyakit seperti batu ginjal bahkan penyakit parah seperti gagal ginjal maka dapat dipastikan kadar asam urat juga ikut naik.

Konsumsi Udang, Kepiting dan crustacea lain berlebih

Udang dan Kepiting merupakan jenis seafood yang banyak digemari masyarakat. Selain itu juga memiliki kandungan protein tinggi dan berbagai zat lain yang berguna dalam tubuh. Akan tetapi bagi Anda penderita asam urat dianjurkan untuk tidak sering-sering mengonsumsi dua seafood ini karena jenis protein di dalamnya merupakan jenis yang susah diolah sehingga menjadi zat-zat purin yang berbahaya menjadikannya penyebab asam urat. Crustacea lain seperti lobster juga sebaiknya dihindari.

Konsumsi Jeroan

Berbagai macam jeroan seperti otak, hati, paru, usus, limpa, dan babat memang makanan yang enak. Tetapi jika Anda mengonsumsinya terlalu sering akan mengakibatkan kolesterol tinggi yang juga dibarengi menumpuknya zat-zat purin penyebab asam urat.

Konsumsi minuman keras

Hindari konsumsi minuman keras jika Anda ingin terhindar dari asam urat. Sangat beralasan karena kadar alkohol yang terdapat dalam minuman keras mempengaruhi kerja ginjal dan enzim lain yang seharusnya merubah zat purin berlebih agar tidak menjadi asam urat. Yang seharusnya memproduksi asam urat dengan jumlah normal menjadi tidak normal dikarenakan konsumsi minuman keras.

Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan mengandung zat yang dapat mempengaruhi jumlah produksi zat purin menjadi asam urat. Sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan dan juga hindari pemakaian vitamin B12 berlebih.

Demikian telah dijelaskan mengenai penyebab asam urat. Sebaiknya Anda menghindari melakukan kegiatan diatas jika ingin terhindar dari asam urat yang terkenal kambuhan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

About the author / 

admin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *